Menjembatani Inisiatif Pembangunan CSO Melalui #KolaborasiBerkelanjutan TRACK SDGs dan BenihBaik.com

TRACK SDGs sebagai sebuah platform berjejaring dan bertukar informasi bagi aktor pembangunan, menginisiasi #KolaborasiBerkelanjutan dengan BenihBaik.com, sebuah wadah kolaborasi sekaligus platform donasi terverifikasi di Indonesia. Kerja sama antara TRACK SDGs dan BenihBaik.com ini dilakukan dengan harapan dapat memperkuat kerja sama antar sektor dalam upaya pencapaian SDGs.

Inisiatif baik yang dimiliki oleh CSO akar rumput seringkali kurang terekspos, sehingga akses untuk berkolaborasi dengan sektor bisnis maupun pemerintah seringkali sulit dijangkau. Di sisi lain, sektor bisnis juga membutuhkan opsi kegiatan sosial yang lebih berkelanjutan dan tepat sasaran untuk mewujudkan aspirasi mereka berkontribusi dalam tujuan pembangunan global dan nasional..

Menyadari adanya gap tersebut, TRACK SDGs dan BenihBaik.com menginisiasi kegiatan speed dating bagi CSO akar rumput untuk bertemu dengan mitra bisnis potensial yang bisa membantu keberlanjutan program CSO lewat berbagai bentuk kolaborasi, salah satunya bantuan pendanaan. Harapannya, speed dating ini dapat menjadi jembatan—baik bagi CSO maupun sektor bisnis—untuk mendapatkan mitra yang cocok bagi program mereka masing-masing.

Kerja sama antara TRACK SDGs dan BenihBaik.com ini juga akan memfasilitasi CSO untuk membuat live campaign bagi masyarakat luas untuk berdonasi pada project/inisiatif pembangunan CSO di berbagai wilayah. Selain berperan sebagai watchdog bagi implementasi kebijakan pembangunan , masyarakat juga dapat berkontribusi secara nyata bagi pembangunan lewat donasi yang diberikan pada inisiatif-inisiatif terpercaya yang telah dikurasi dan diverifikasi oleh tim TRACK SDGs dan BenihBaik.com.

Perlu disadari bahwa target-target ambisius yang tercantum di dalam agenda SDGs 2030 tidak akan dapat tercapai tanpa adanya keterlibatan dan keseriusan seluruh pemangku kepentingan kunci di sektor pembangunan. Mulai dari pemerintah nasional, pemerintah daerah, sektor bisnis, akademisi, komunitas/masyarakat sipil, hingga media, memiliki peranan masing-masing dalam upaya mencapai target-target SDGs.

Setiap upaya dari para pemangku kepentingan ini memerlukan sinergitas antara satu dengan yang lainnya. Inisiatif pembangunan antarpemangku kepentingan tidak akan bisa berjalan optimal jika berjalan sendiri-sendiri. Integrasi program dan kerja sama lintas sektor mutlak diperlukan sebagaimana tercantum dalam target SDGs 17, yakni “partnership for the goals”.

Guna menunjang tujuan tersebut, TRACK SDGs CISDI dan BenihBaik.com mulai menginisiasi #KolaborasiBerkelanjutan ini sejak bulan April 2021 dan kegiatan speed dating diagendakan akan berlangsung satu minggu sekali. Setiap minggunya akan ada 3-4 CSO yang akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan pitching proposal inisiatif mereka pada tim TRACK SDGs dan BenihBaik.com.

Jika kalian memiliki organisasi atau rekomendasi CSO yang berkontribusi nyata bagi pembangunan yang berkelanjutan dan ingin inisiatifnya difasilitasi oleh TRACK SDGs dan BenihBaik.com melalui kegiatan ini, kalian bisa mendaftarkan terlebih dahulu organisasi dan inisiatifnya di sini atau mengirimkan surel ke sdgs@cisdi.org.

Kami tunggu proposal inisiatif pembangunan terbaik kalian!



Organisasi Penyelenggara: TRACK SDGs & BenihBaik.com
Lokasi Kegiatan:

Masuk